Bagaimanakah Cara Jantung Bekerja ?





Sistem peredaran darah memungkinkan pergerakan nutrisi dan limbah ke dan dari sel-sel tubuh kita. Ini membantu dalam pemeliharaan homeostasis. Sistem peredaran darah terdiri dari darah, pembuluh darah dan jantung. Jantung sebenarnya merupakan otot tak sadar yang memompa darah melalui arteri dan vena sehingga memudahkan sirkulasi darah. Jantung adalah benar-benar ‘jantung dan sistem peredaran darah’. Bagaimana cara kerja jantung? Berikut ini adalah jawaban rumit untuk pertanyaan yang menarik ini!

Bagaimana Jantung Bekerja

Jika Anda membayangkan jantung menjadi sebuah pompa, pembuluh darah adalah pipa diletakkan di seluruh tubuh. Ini sistem pompa bertanggung jawab untuk sirkulasi darah murni ke seluruh tubuh.
Setelah sekitar 21 hari setelah pembuahan, jantung manusia mulai berdetak dengan kecepatan, yang lebih dekat ke detak jantung ibu. Hal ini masih menjadi misteri bagaimana darah beredar dalam embrio selama 21 hari pertama ketika jantung belum terbentuk.
Jantung terdiri dari empat ruang-dua atrium dan dua ventrikel. Sisi kanan jantung mengumpulkan darah dalam atrium kanan. Darah mengalir ke paru-paru melalui ventrikel kanan. Dalam paru-paru darah Darah teroksigenasi (kaya oksigen). Jantung kiri mengumpulkan pemurnian darah ke atrium kiri. Dari sini darah masuk ke dalam ventrikel kiri. Ventrikel kiri bertanggung jawab untuk sirkulasi ke seluruh bagian tubuh. Mari kita lihat bagaimana darah mengalir melalui jantung ke seluruh organ tubuh manusia.
  1. Darah di atrium kanan memasuki ventrikel kanan melalui katup trikuspid.
  2. Ini mengalir ke paru-paru melalui arteri pulmonalis.
  3. Darah melakukan perjalanan ke atrium kiri melalui vena pulmonalis. Vena membawa darah yang kaya oksigen ke atrium kiri.
  4. Ini kemudian harus mengalir melalui katup mitral untuk mencapai ventrikel kiri.
  5. Melalui katup aorta semilunar, darah dipompa ke aorta. Garpu aorta dan darah mengambil jalan untuk melakukan perjalanan ke organ-organ bagian atas dan tubuh bagian bawah.
  6. Arteri, arteriol dan kapiler membentuk jaringan untuk aliran darah ke setiap sel tubuh kita.
  7. Beberapa bagian dari darah masuk ke ginjal. Mereka menyaring limbah dari darah sebelum darah dalam perjalanan kembali ke jantung.
  8. Vena kava inferior dan superior merupakan pembawa darah terdeoksigenasi kembali ke atrium kiri.
Atrium dan ventrikel berkontraksi dan berelaksasi secara bergantian untuk memompa darah ke tubuh kita. Ketika kontraksi ventrikel, darah dapat mengalir kembali ke bagian atria. Tetapi katup mitral dan trikuspid mencegah hal ini terjadi, dengan menutup ketika ventrikel penuh.
Bagaimana cara kerja jantung tanpa henti? Dari mana itu memperoleh nutrisi nya? Darah yang memompa jantung tidak memasok dengan oksigen. Arteri koroner adalah pembuluh darah khusus, yang melekat pada jantung luar. Mereka membuat oksigen dan nutrisi ke jantung. Arteri koroner kanan memasok darah ke ventrikel kanan sedangkan kiri satu jantung melayani sisanya.
Dapatkah Anda mendengar degup jantung Anda? Bagaimana detak jantung? Pada node sinoatral dalam atrium kanan jantung menghasilkan impuls listrik secara berkala. Hal ini menyebabkan atrium berkontraksi dan memompa darah ke dalam ventrikel. Impuls mencapai nodus atrioventrikular dari mana ia mencapai ventrikel melalui bundel atrioventrikular. Ventrikel berkontraksi memompa darah ke arteri. Jantung kemudian rileks untuk jangka waktu kecil setelah itu detak dimulai lagi. Sistem listrik jantung membuat detak yang mungkin. Ketika saat istirahat, jantung berdetak pada tingkat 70-100 denyut per menit. Ini membuat suara lub-dub bersama setiap denyutnya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PENGARUH PEMAHAMAN DIRI TERHADAP PROSES KIP/K

NILAI PERSONAL DAN NILAI LUHUR PROFESI

Hormon yang Berhubungan dengan Gametogenesis dan Fungsi Reproduksi